IMPLEMENTASI MODEL LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PADA MATERI FLUIDA STATIS DI KELAS X SMAN PLUS PROPINSI RIAU
Abstract
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep fisika siswa melalui implementasi model learning cycle 5E pada materi fluida statis di kelas X SMAN Plus Propinsi Riau. Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah sebagai dasar untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep fisika siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN Plus Propinsi Riau pada bulan Februari 2015 hingga Juni 2015 di kelas X MS 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MS 1 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 25 siswa. Desain penelitian ini adalah Non-Equevalent Control Group Design. Dari hasil penelitian diperoleh informasi bahwa ketuntasan indikator-indikator pemahaman konsep fisika yaitu indikator translation, interpretation, dan extrapolation siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Selain itu gain ternormalisasi indikator translation, interpretation, dan extrapolation kelas eksperimen berada pada kategori tinggi sedangkan gain ternormalisasi indikator translation kelas kontrol berada pada kategori sedang. Indikator interpretation dan extrapolation kelas kontrol berada pada kategori rendah. Selanjutnya diperoleh tingginya peningkatan pemahaman konsep fisika siswa kelas eksperimen terhadap kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi model learning cycle 5E dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa di kelas X SMAN Plus Propinsi Riau pada materi fluida statis.
Kata Kunci : Learning Cycle 5E, Pemahaman Konsep Fisika, Fluida Statis
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.