PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM DI KELAS X SMA NEGERI 2 KUANTAN HILIR

Indri Resvati Wahyuni Resvati Wahyuni, R Usman Rery Rery, Elva Yasmi Amran Yasmi Amran

Abstract


Abstrak: Penelitian bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan Struktur Atom di kelas X SMAN 2 Kuantan Hilir. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest. Penelitian dilaksanakan di SMAN 2 Kuantan Hilir. Sampel dari penelitian adalah siswa kelas X 3 sebagai kelas eksperimen dan siswa pada kelas X 1 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas yang diterapkan media animasi macromedia flash sedangkan kelas kontrol tidak diberi perlakuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan hasil uji analisis data diperoleh thitung> ttabelyaitu 1,6923 > 1,68, artinya penggunaan media animasi Macromedia Flash dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok struktur atom di kelas X SMAN 2 Kuantan Hilir dengan peningkatan prestasi belajar pada pokok bahasan struktur atom di kelas X dengan koefisien pengaruh sebesar 6,5%.

 

Kata Kunci: Prestasi Belajar, Animasi Macromeddia Flash, Struktur Atom.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.