PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KARTU ARISAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN TATA NAMA SENYAWA DAN PERSAMAAN REAKSI SEDERHANA DI KELAS X SMA TRI BHAKTI PEKANBARU

Camelia Situmorang Camelia Situmorang, Maria Erna Maria Erna, Betty Holiwarni Betty Holiwarni

Abstract


ABSTRAK : Penelitian tentang penerapan model pembelajaran kartu arisan telah dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan tata nama senyawa dan persamaan reaksi sederhana di kelas X SMATri Bhakti Pekanbaru. Bentuk penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol yang ditentukan secara acak setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Model pembelajaran kartu arisan diterapkan dikelas X IPA 2. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil pengolahan data akhir menggunakan rumus uji-t diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,79 > 1,67 artinya pengaruh penerapan model pembelajaran kartu arisan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan tata nama senyawa dan persamaan reaksi sederhana di kelas X SMATri Bhakti Pekanbaru siswa sebesar 11,8%.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kartu Arisan Prestasi Belajar, Tata Nama Senyawa dan Persamaan Reaksi Sederhana


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.