PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA KELAS VIII SMP
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran fisika berbasis education for sustainable development pada materi pesawat sederhana kelas VIII SMP. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) yang memiliki beberapa tahapan yaitu potensi dan maslaah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan uji coba produk.Pada langkah-langkah penggunaan metode R&D peneliti hanya menggunakan langkah sampai revisi desain dikarenakan di dalam penelitian ini, peneliti hanya merancang, membangun, dan memvalidasi. Perangkat pembelajaran berbasis education for sustainable development yang dikembangkan pada penelitian ini berupa silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja siswa (LKS), dan evaluasi. Pengembangan pembelajaran ini telah divalidasi oleh pakar yang merupakan dosen Pendidikan Fisika FKIP Universitas Riau dan guru IPA SMP dan dinyatakan memiliki validitas sangat tinggi dengan nilai validitas sebesar 3,50 dari nilai maksimum 4 dimana rincian masing-masing parangkat adalah (1) Silabus memiliki nilai validitas sebesar 3,59 dengan kategori sangat tinggi (2) Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) memiliki nilai validitas sebesar 3,48 dengan kategori sangat tinggi (3) Lembar kerja siswa (LKS) memiliki nilai valididtas sebesar 3,5 dengan kategori sangat tinggi (4) Evaluasi memiliki nilai validitas sebesar 3,43 dengan kategori sangat tinggi. Dengan demikian perangkat pembelajaran ini layak digunakan dalam pembelajaran berbasis education for sustainable development pada materi pesawat sederhana kelas VIII SMP.
Kata Kunci:pengembangan, perangkat pembelajaran, education for sustainable
development, dan pesawat sederhana
Refbacks
- There are currently no refbacks.