PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA PADA INDIKATOR INTERPRETASI DENGAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI KELAS XI SMAN 1 GAUNG ANAK SERKA

Khairunnisak ', Hendar Sudrajat Sudrajat, Fakhruddin '

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep fisika siswa pada indikator interpretasi dengan menerapkan pembelajaran kontekstual di kelas XI SMAN 1 Gaung Anak Serka. Adapun manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah memberikan alternatif pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa dan memaksimalkan kinerja guru dalam upaya mencapai tujuan pendidikan.Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2014 sampai dengan Februari 2015.Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design.Subjek penelitian ini adalah dua kelas XI IA di SMAN 1 Gaung Anak Serka yaitu kelas XI IA 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 23 orang dan kelas XI IA 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 24 orang. Dari data yang diperoleh terdapat perbedaan daya serap dan skor Gain antara kelas kontrol dan eksperimen. Rata-rata daya serap kelas eksperimen adalah 73,26% termasuk dalam kategori sedang, sedangkan rata-rata daya serap pada kelas kontrol adalah 50,54% termasuk dalam kategori sangat rendah. Untuk rata-rata skor Gain kelas eksperimen adalah 0,46 termasuk dalam kategori sedang, sedangkan rata-rata skor Gain kelas kontrol adalah 0,13 termasuk dalam kategori rendah. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kontekstual memberikan peningkatan pemahaman konsep fisika siswa pada indikator interpretasi kelas XI SMAN 1 Gaung Anak Serka.

Kata Kunci: pemahaman konsep fisika, indikator interpretasi, pembelajaran kontekstu

Refbacks

  • There are currently no refbacks.