PENERAPAN STRATEGI PICTORIAL RIDDLE DALAM PEMBELAJARAN IPA FISIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 PEKANBARU

Nurhikmah Sasna Junaidi Sasna Junaidi, Azizahwati ', Mitri Irianti Irianti

Abstract


Abstrak:Pembelajaran IPA disekolah saat ini kurang menekankan pada keterampilan berpikir siswa dan pengalaman langsung untuk memecahkan sebuah permasalahan dan  menemukan konsep pada materi pelajaran, menyebabkan menurunnya hasil belajar yang diperoleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMP Negeri 13 Pekanbaru dengan menerapkan strategi pictorial riddle pada materi suhu dan pemuaian.Penelitian dilakukan dari bulan Oktober 2014- Februari 2015 menggunakan pra experimentaldengan bentuk desain statis dengan dua kelompok terhadap siswa kelas VII7 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII6 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan pemberian tes setelah pembelajaran.Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis deskriptif berupa daya serap dan efektivitas pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya serap siswa setelah pembelajaran dengan penerapan strategi pictorial riddle sebesar 81,81% dikategorikan baik sehingga efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan  digunakan dalam pembelajaran IPA.

 

Kata Kunci:strategi pembelajaran, pictorial riddle, hasil belajar, daya serap dan efektivitas


Refbacks

  • There are currently no refbacks.