PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMSACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 029 BAGAN PUNAK KECAMATAN BANGKO
Abstract
Abstrak :Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 029 Bagan Punak Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir. Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa karena guru kurang mengembangkan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa sehingga hasil belajar siswa sangat rendah.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 029 Bagan Punak Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir T.A 2013/2014.Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas ( Classroom Action Research ) dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan materi pecahan. Adapun penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus. Dengan objek penelitian adalah siswa/i kelas IV SD yang berjumlah 20 orang siswa dengan 7 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Adapun teknik pengumpulan data adalah melalui lembar pengamatan dan ulangan harian siswa.Berdasarkan analisis data diperoleh dari 20 orang siswa pada kondisi awal diperoleh rata-rata skor dasar hasil belajar siswa sebesar 62.00 dan pada siklus I ulangan harian pertama diperoleh rata-rata skor hasil belajar siswa sebesar 66.75.pada siklus II ulangan harian kedua diperoleh rata-rata skor hasil belajar 80.05, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa setelah dilaksanakannya proses belajar mengajar pada mata pelajaran matematika dengan materi pecahan dikelas IV SD Negeri 029 Bagan Punak Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir T.A 2013/2014.
Kata kunci :Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD), Hasil Belajar Matematika, PTK.
Full Text:
UntitledRefbacks
- There are currently no refbacks.