Pengaruh Konsep Diri dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMPN 3 Tapung Hilir Kabupaten Kampar
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui apakah konsep diri berpengaruh terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran IPS terpadu di SMPN 3 Tapung Hilir; (2) Mengetahui apakan motivasi berpengaruh terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran IPS terpadu di SMPN 3 Tapung Hilir; (3) Mengetahui apakah konsep diri dan motivasi berpengaruh terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran IPS terpadu di SMPN 3 Tapung Hilir. Penelitian ini dilakukan di SMPN 3 Tapung Hilir, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 60 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui angket penelitian dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda yang diproses melalui SPSS versi 17 for windows. Dari hasil penelitian ini diperoleh persamaan Y = 9,052a + 0,763X1 + 0,203X2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan, konsep diri (X1) dan motivasi (X2) mampu mempengaruhi prestasi belajar (Y). hal ini dibuktikan dengan uji F. Fhitung > Ftabel yaitu 78,378 > 2,52. Sedangkan secara parsial konsep diri (X1) dan motivasi (X2) berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di SMPN 3 Tapung Hilir (Y). hal ini dibuktikan dengan uji t. dimana t hitung konsep diri 9,862 (X1), dan motivasi sebesar 2,688 (X2) dan t tabelnya sebesar 2,00. Hal ini menunjukkan bahwa t hitung > t tabel. Selanjutnya nilai Koefisien determinasi (R2) diperoleh sebesar 73,3%, ini menunjukkan bahwa konsep diri dan motivasi memiliki konstribusi terhadap prestasi belajar sebesar 73,3%, sedangkan sisanya sebesar 26,7 dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Konsep Diri, Motivasi dan Prestasi Belajar
Full Text:
XMLRefbacks
- There are currently no refbacks.