GAMBARAN PENGETAHUAN BANTUAN HIDUP DASAR MAHASISWA PENDIDIKAN OLAHRAGA FKIP UNIVERSITAS RIAU
Abstract
Abstrak
Lingkungan olahraga merupakan lingkungan yang rawan akan terjadinya kasus henti jantung mendadak sehingga
pengetahuan tentang bantuan hidup dasar sangat penting dalam upaya penyelamatan segera untuk meminimalisir
kematian akibat henti jantung di lingkungan keolahragaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
gambaran pengetahuan bantuan hidup dasar mahasiswa pendidikan olahraga. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel pada penelitian ini berjumlah 165 responden yang merupakan mahasiswa
pendidikan olahraga di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau yang diambil dengan menggunakan
teknik proportionate stratified random sampling. Analisis data dengan menggunakan metode statistik deskriptif.
Ditemukan gambaran pengetahuan mahasiswa pada indikator algoritma bantuan hidup dasar dalam kategori cukup
sebanyak 63 responden (38,2%). Indikator skill bantuan hidup dasar pada kategori kurang dengan masing-masing
komponen pijat jantung berjumlah 138 responden (83,6%), bantuan napas dengan jumlah 106 responden (64,2%),
posisi recovery dengan jumlah 86 orang (52,1%), dan 3A dengan jumlah 77 responden (46,7%). Indikator pengetahuan
umum bantuan hidup dasar dalam kategori baik dengan jumlah 63 responden (38,2%). Secara umum, mayoritas
responden memiliki pengetahuan dalam kategori kurang terutama pada indikator skill bantuan hidup dasar. Disarankan
agar pemberian informasi mengenai bantuan hidup dasar dilakukan dengan cara memperagakan tindakan dengan
bantuan alat peraga sehingga masing-masing individu dapat mengetahui secara teori maupun praktik dalam
meningkatkan pengetahuan tentang bantuan hidup dasar.
Kata Kunci: Bantuan hidup dasar (bhd), mahasiswa, pendidikan olahraga, pengetahuan
Abstract
The sports environment poses a risk for sudden cardiac arrest, making immediate rescue such as basic life support
crucial to minimize deaths due to cardiac arrest in sports settings. This study aims to describe the basic life support
knowledge among sports education undergraduate students. This study is a quantitative study using descriptive
methods. The sample consists of 165 sports education undergraduate students from the Teacher Training and
Education Faculty at Riau University selected using a proportionate stratified random sampling technique. Descriptive
statistics were used for analysis. The study found that 63 respondents (38.2%) exhibited a moderate level of basic life
support knowledge in the basic life support algorithm indicator. The basic life support skill indicator showed a low
level in every component: 138 respondents (83.6%) for the heart compression component, 106 respondents (64.2%) for
the breathing support component, 86 respondents (52.1%) for the recovery position component, and 77 respondents
(46.7%) for the 3A component. The general basic life support indicator showed good knowledge levels in 63
respondents (38.2%). The study reveals that a majority of respondents possess a low level of knowledge, particularly in
the basic life support skill indicator. Consequently, there is a pressing need to provide comprehensive training and
resources to enhance both theoretical and practical knowledge of basic life support.
Keywords: Basic life support, knowledge, sports education, undergraduate students
Refbacks
- There are currently no refbacks.