PERBANDINGAN PENDIDIKAN KESEHATAN METODE JIGSAW DAN PEER TEACHING TERHADAP PENGETAHUAN REMAJA TENTANG SEKS PRANIKAH

Resy Handani Putri, Herlina Herlina, Yulia Irvani Dewi

Abstract


Penyebab terjadinya seks pranikah pada remaja dikarenakan kurangnya pengetahuan, sehingga dibutuhkan pendidikan kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan remaja tentang seks pranikah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pendidikan kesehatan metode jigsaw dan peer teaching terhadap pengetahuan remaja tentang seks pranikah di SMA Setia Dharma Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy Experiment dengan rancangan pre test and post test design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 36 responden yang diambil berdasarkan teknik simple random sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Analisa yang digunakan adalah analisa univariat dan bivariat menggunakan uji t dependent, uji wilcoxon dan uji mann-whitney. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan antara pendidikan kesehatan menggunakan metode jigsaw dengan pendidikan kesehatan menggunakan metode peer teaching terhadap pengetahuan remaja tentang seks pranikah dengan p value (0.909) > α (0.05). Berdasarkan hasil penelitian ini, pendidikan kesehatan menggunakan metode jigsaw lebih disarankan, hal ini sesuai dengan pengalaman peneliti bahwa responden kelompok jigsaw lebih aktif dan menguasai materi dalam proses penelitian.

Kata kunci: Jigsaw, Peer Teaching, Pengetahuan, Remaja, Seks pranikah

Abstract

The cause of premarital sex in adolescents is lack of knowledge, health education is needed to increase adolescent knowledge about premarital sex. The aim of This research to compare of health education jigsaw methods and peer teaching to the knowledge of adolescents about premarital sex at Setia Dharma Pekanbaru High School. The design of this research was “quasy experiment” by “pre test and post test design”. The sample of the research of 36 respondents which was chosen by simple random sampling. Measuring tool used a questionnaire that has been tested for validity and reliability. The analysis used was univariate and bivariate analysis using dependent t test, wilcoxon test, and mannwhitney test. The results of this study there ware no difference between health education using the jigsaw and peer teaching method on adolescent knowledge about premarital sex with p value (0,909)> α (0,05). Based on the results of this study, health education using the jigsaw method is recommended, this is appropriate with the experience of researchers that respondents in the jigsaw group were more active and mastered the material in the research process.

Keyword: Adolescent, Jigsaw, Peer Teaching, Knowledge, Premarital Sex


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.