PENGARUH EDUKASI INDIVIDU TENTANG PENATALAKSANAAN HIPERSENSITIFITAS TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP PASIEN ANEMIA POST TRANSFUSI

Daice Fredelina, Darwin Karim, Ade Dila Ruri

Abstract


Edukasi tentang penatalaksanaan hipersensitifitas terhadap pengetahuan dan sikap pasien anemia post transfusi merupakan salah satu upaya yang dapat meningkatkan pengetahuan dan merubah sikap menjadi positif sehingga pada akhirnya pasien dapat melakukan berbagai upaya untuk mencegah terjadinya hipersensitifitas post transfusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi individu tentang penatalaksanaan hipersensitifitas terhadap pengetahuan dan sikap pasien anemia post tranfusi di ruangan kenanga rsud arifin achmad provinsi riau tahun 2022. Metode penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasi experimental, dengan desain atau rancangan pretest posttest with control group design atau pretest posttest kelompok kontrol. Peneliti mengambil sampel sebanyak 40 orang, dimana 20 orang merupakan kelompok eksperimen dan 20 orang lagi merupakan kelompok kontrol, dengan teknik pengambilan sampel non random sampling jenis purposive sampling. Alat ukur pada penelitian adalah kuesioner. Analisis yang digunakan adalah analisisi bivariat pada pengetahuan menggunakan uji Mann Whitney sedangkan pada sikap menggunakan uji T tidak berpasangan. Hasil nilai pengetahuan post test kelompok kontrol adalah 9,30 dengan standar deviasi 1,922 sedangkan nilai pada kelmpok eksperimen lebih tinggi yaitu 13,45 dengan standar deviasi 0,945. Hasil uji statisik diperoleh p value 0,000 (p<0,05). Nilai sikap post test kelompok kontrol adalah 34,50 dengan standar deviasi 4,174 sedangkan nilai pada kelompok eksperimen lebih tinggi yaitu 41,55 dengan standar deviasi 2,762. Hasil uji statisik diperoleh p value 0,000 (p<0,05). Kesimpulan edukasi individu berpengaruh terhadap pengetahuan dan sikap pasien anemia post tranfusi.

 

Kata Kunci : edukasi; pengetahuan; sikap; hipersensitivias; transfusi

Abstract

 

Education about the management of hypersensitivity to the knowledge and attitudes of post-transfusion anemia patients is one of the efforts that can increase knowledge and change attitudes to be positive so that in the end patients can make various efforts to prevent post-transfusion hypersensitivity. This study aims to determine the effect of individual education on the management of hypersensitivity on the knowledge and attitudes of post-transfusion anemia patients. Methods: This study used a quasi-experimental research design, with a pretest posttest design with control group design or pretest posttest control group. The researcher took a sample of 40 people, of which 20 were the experimental group and 20 were the control group, with a non-random sampling technique using purposive sampling. The measuring instrument in this research is a questionnaire. The analysis used is a bivariate analysis on knowledge using the Mann Whitney test while on attitudes using an unpaired T test. Results: The post-test knowledge value of the control group was 9,30 with a standard deviation of 1,922, while the value of the experimental group was higher at 13,45 with a standard deviation of 0,945. The results of the statistical test obtained p value 0,000 (p <0,05). The post-test attitude score for the control group was 34,50 with a standard deviation of 4,174, while the score in the experimental group was higher at 41,55 with a standard deviation of 2,762. The results of the statistical test obtained p value 0,000 (p <0,05). Conclusion is individual education has an effect on the knowledge and attitudes of post-transfusion anemia patients.

 

Keywords : education; knowledge; attitude; transfusion; hypersensitivity


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.