EKSISTENSI PEDAGANG KECIL DI KECAMATAN RUMBAI PESISIR KOTA PEKANBARU

PUTRI SUCI LELAWATI, Achmad Hidir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja strategi dan hambatan yang dialami pedagang kecil dalam mempertahankan eksistensinya sebagai pedagang kecil. Untuk menganalisa data dalam penelitian ini menggunakan analisa data kuantitatif. Saat ini sektor informal berkembang pesat di Indonesia, khususnya di kota-kota besar. Salah satu contoh dari sektor usaha informal yang dapat dengan mudah di jumpai di masyarakat adalah pedagang kecil, baik itu pedagang kaki lima, pedagang asongan , pedagang kelontong dan pedagang kecil lainnya. Usaha kecil menengah menjadi pusat perhatian tingkat perekonomian dan pengetahuan yang kurang maju dalam berbisnis. Usaha kecil menghadapi kendala-kendala dalam mempertahankan atau mengembangkan usaha antara lain kurang pengetahuan pengelolaan usaha, kurang modal dan lemah di bidang pemasaran. Kondisi pasar yang dihadapi usaha kecil adalah persaingan monopolistik di samping itu merupakan fakta yang perlu diperhatikan. Berbagai bentuk strategi pun harus bisa dibuat oleh pedagang kecil dalam mempertahankan konsumen yang semulanya sudah menjadi langganan tetap mereka. Kondisi persaingan menuntut pemilik usaha harus mampu mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi di dalam pasar dan dengan tanggap mengadaptasi bisnis mereka sehingga selalu sesuai dengan gaya hidup dari pasar. Strategi bertahan hidup yang paling banyak pedagang lakukan adalah strategi aktif dan strategi jaringan. Strategi aktif dengan mencari pekerjaan sampingan dan memanfaatkan segala potensi keluarga. Strategi ini menjadi amat penting karena dalam melakukan kegiatan sehari-hari dapat memperbaiki kualitas hidup pedagang sehingga kebutuhan hidup mereka dapat terpenuhi. Strategi jaringan juga efektif dilakukan untuk bertahan hidup karena dengan terjalinnya hubungan yang baik antara pedagang dan kerabatnya bisa menumbuhkan rasa saling membantu dan juga saling membutuhkan satu dengan lainnya. Dan apabila keluarga pedagang berada pada masa sulit, mereka bisa meminjam uang pada kerabat terdekat atau tetangga yang tentunya memiliki hubungan baik dengan mereka.Adapun hambatan yang di alami responden dalam mempertahankan eksistensinya sebagai pedagang antara lain tingkat kepuasan pembeli, adanya pembeli yang berhutang, persaingan dengan usaha sejenis yang memiliki modal besar dab terbatasnya modal untuk mengembangkan usaha.Kata kunci : Eksistensi, Strategi, Pedagang Kecil

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.