STUDI KOMPARASI PELAKSANAAN ELECTRONIC GOVERNMENT DI BADAN PELAYANAN TERPADU KOTA PEKANBARU DENGAN DINAS PERIZINAN KOTA YOGYAKARTA (STUDI KASUS PELAYANAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN)

Fitri Imelda, Tuti Khairani

Abstract


Dalam penelitian ini kajian yang diamati adalah Perbandingan Pelaksanaan Electronic Government di Badan Pelayanan Terpadu Kota Pekanbaru dengan Dinas Perizinan kota Yogyakarta. Pelaksanaan Electronic Government dalam hal pemerintahan, dapat meningkatkan tercapainya good governance dalam hal peningkatan keterbukaan, transparansi, akuntabel atau demokratis dibandingkan pemerintahan yang konvensional.
Pelaksanaan Pelayanan Electronic Government pada Badan Pelayanan Terpadu Kota Pekanbaru belum melaksanakan Electronic Government secara maksimal, karena pelayanan yang dilakukan masih menggunakan cara-cara manual. Penggunaan alat dan sistem elektronik yang minim membuat pelayanan public dan pengurusan izin bagi masyarakat memakan waktu yang lama dan tidak dapat memberikan waktu yang pasti. Sedangkan pada Dinas Perizinan Kota Yogyakarta sudah melaksanakan pelayanan secara elektronik yang sangat memudahkan pemohon dalam melakukan perizinan. Pelayanan yang sistematis dan transparan membuat pelayanan public berjalan lebih teratur dan tertib. Penggunaan sistem Rooting Slip yang digunakan oleh Dinas Perizinan Kota Yogyakarta membuat proses pembuatan izin lebih jelas dan dapat diakses oleh pemohon secara langsung untuk mengetahui kepastian proses perizinan yang mereka lakukan.
Kata Kunci: Perbandingan, Electronic Government

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.