KEPENTINGAN SINGAPURA DALAM PENINGKATAN KERJASAMA AGREEMENT ON DEFENCE EXCHANGE AND SECURITY COOPERATION (ADESC) DENGAN TIONGKOK TAHUN 2019

M. Ilham Alhalis, Indra Pahlawan

Abstract


ABSTRACT

Penelitian ini mengkaji tentang kepentingan Singapura dalam peningkatan kerjasama pertahanan dan keamanan dengan Tiongkok. Kerjasama ini dimulai pada tahun 2008 yang dinamai dengan kerjasama Defense Cooperation and Security Exchange (ADESC). Kemudian pada Oktober 2019, kedua negara mengadakan pertemuan untuk meresmikan peningkatan kerjasama yang dilaksanakan di Beijing. Perjanjian ini menandai hubungan bilateral kedua negara yang telah terjalin selama 30 tahun. Isi kesepakatan akan dilakukan dalam bentuk latihan militer bilateral, pertukaran akademik dan lembaga pemikiran, serta pertemuan tingkat menteri tahunan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan memfokuskan pada menganalisis dan menyimpulkan masalah yang diteliti melalui data yang tersedia atau kajian pustaka. Penelitian ini juga menggunakan perspektif realisme dan teori kerjasama internasional.
Dalam penelitian ini, penulis menemukan bahwa Singapura melakukan peningkatan kerjasama dengan Tiongkok untuk kepentingan politik, militer, dan keamanan. Adapun kepentingan politiknya, yaitu menjaga hubungan dengan negara yang memiliki kemampuan militer yang kuat, yaitu Tiongkok. Kemudian, kepentingan keamanannya adalah meningkatkan keamanan negara Singapura, melihat kerentanan wilayah maritim Singapura yang kerap diganggu oleh negara tetangga seperti Malaysia. Sementara itu, Singapura memiliki kepentingan militer untuk meningkatkan kem\ampuan dan kapasitas militernya. Peningkatan yang terjadi adalah komitmen untuk mengadakan pelatihan bilateral angkatan laut, udara dan darat, memberikan dukungan logistik secara timbal balik, membentuk Visiting Force Agreement, serta pertukaran akademik dan think tank.

Kata kunci: ADESC, Singapore, Tiongkok

Refbacks

  • There are currently no refbacks.