PENGARUH KUALITAS PRODUK, PENETAPAN HARGA, DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MEBEL PADA CV. KUNTENG PEKANBARU

Susi Susanti, Meyzi Harianto

Abstract


Penelitian ini dilakukan di Mebel CV. Kunteng Pekanbaru yang berlokasi di jalan Garuda Sakti Pekanbaru. Permasalahan dalam penelitian ini adalah tidak tercapainya target konsumen mebel selama dua tahun terakhir ini, hal ini diduga adanya permasalahan pada keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, penetapan harga, dan kelompok referensi terhadap keputusan pembelian mebel pada CV. Kunteng Pekanbaru. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah deskritif kuantitatif dengan program SPSS. Sampel penelitian ini sebanyak 53 orang dari populasi yang berjumlah 115 yang didapat dari perhitungan rumus Slovin. Data yang diperoleh dari hasil kuesionr selanjutnya diolah untuk kemudian diuji melalui program SPSS 23. Pengujian analisis linier berganda dari penelitian ini adalah Y = 1,939+ 0,214X1 + 0,764X2 + 0,658X3.

Penelitian yang telah dilakukan menunjukan hasil bahwa tanggapan responden terhadap kualitas produk, penetapan harga, dan kelompok referensi dalam kategori baik sedang dalam keputusan pembelian berada pada kategori cukup baik. Sedangkan uji t yang telah dilakukan menunjukkan bahwa variabel kualitas produk, penetapan harga, dan kelompok referensi secara parsial berpengaruh  signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan kualitas produk, penetapan harga, dan kelompok referensi berpengaruh  signifikan terhadap keputusan pembelian. Sementara untuk perhitungan koefisien determinasi ( ) diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,641. Hal ini menunjukan  bahwa kualitas produk, penetapan harga, dan kelompok referensi memberikan pengaruh sebesar 64,1% terhadap keputusan pembelian mebel pada CV. Kunteng Pekanbaru, sedangkan sisanya 35,9% dipengaruhi variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Kualitas Produk, Penetapan Harga, Kelompok Referensi, dan Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.