ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETEPATAN WAKTU CORPORATE INTERNET REPORTING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
Abstract
Penelitian ini menguji Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Umur listing Perusahaan, Reputasi Auditor, dan Ukuran Dewan Komisaris Terhadap Ketepatan Waktu Corporate Internet Reporting. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaa manufaktur yag listing di BEI pada tahun 2011. Teknik pemilihan sampel adalah purposive sampling. Dari 187 perusahaan, terdapat 54 perusahaan yang memenuhi kriteria. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Ukuran Perusahaan, Umur listing Perusahaan, dan Reputasi Auditor sebesar 0.037; 0.036; 0.036 < 0.05 yaitu menunjukkan bahwa memiliki pengaruh signifikan terhadap Ketepatan Waktu Corporate Internet Reporting. Sedangkan variabel Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, dan Ukuran Dewan komisaris menunjukkan hasil sebesar 0.915; 0.464; 0.981; 0.728 > 0.05 menunjukkan bahwa tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Ketepatan Waktu Corporate Internet Reporting. Kemampuan variabel independen menerangkan Ketepatan Waktu Corporate Internet Reporting sebesar 35.5% sedangkan sisanya 64.5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti Penerbitan saham, Kepemilikan Publik, Tipe Industri, Foreign Listing, dan Role Duality.
Kata kunci : Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Umur listing Perusahaan, Reputasi Auditor, Ukuran Dewan Komisaris Dan Ketepatan Waktu Corporate Internet Reporting
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.